Kusaeni

Siapakah Kusaeni?

kusaeni

Saya adalah seorang blogger musiman yang menulis di situs ini dengan penuh ke-tidak-konsistensian.

Saya menulis jika ada keinginan untuk menulis, jika tidak maka kegiatan utama saya adalah makan, tidur, & kadang kala bepergian atau travelling.

Di sosial media

Saya terdaftar di beberapa akun sosial media berikut ini :

Pemuja LGBT, anjing zionis israel, dan liberal celup dilarang ikuti akun ini.

Tidak ada akun linkedIn karena saya tidak punya portofolio yang menarik untuk ditampilkan. Dan oh iya saya adalah seorang Gooner's meski sekedar karbitan.

Blog ini

Setelah memakai beberapa CMS/blog engine sebelumnya seperti Wordpress, Textpattern, Jekyll, Hugo & 11ty. Saya sekarang beralih ke Lume dan vanila CSS css framework Tailwindcss.

Logo kaligrafi inisial Kusaeni terdiri dari huruf خ (kh) - س (s) - ن (n) dibuat dengan model kaligrafi oleh Logonine. Sedangkan logo telur untuk favicon dibuat sendiri dengan mepergunakan Inkscape, terinspirasi dengan model logo geometri di Pinterest.

Source code blog ini dihosting di Upcloud, hanya file HTML saja hasil dari build di local. Kamu bisa melihat repository kode blog ini di Notabug.

Karena ada masalah dengan Upcloud, maka hosting blog ini dipindahkan ke Deno Deploy dan source code ditaruh di Github.

Domain dan hosting situs ini sebelumnya dilayani oleh Dracoola. Kemudian agar mudah dan cepat saya pindah hosting ke Upcloud Deno Deploy.

Management Image and Delivery diladeni oleh Imagekit untuk menampilkan gambar fotografi dan gambar cover buku. Imagekit memberikan layanan gratis dengan batasan storage and bandwidth sebesar 20Gb masing - masing dan layanan transformasi gambar tidak terbatas.

Untuk pencatatan statistik, saya mempergunakan jasa pencatat statistik gratis dari goatcounter.

Sedangkan text editor saya lebih sering mempergunakan VIM (yang berjalan diatas WSL) untuk menulis artikel dan lain - lain. Jika bosan (atau melakukan operasi teks yang agak ribet) saya pergunakan Sublimetext atau Lite-XL.

Terminal emulator untuk menjalankan WSL adalah Alacritty dengan distro Ubuntu 20.04. Namun sekarang lebih suka pakai Windows Terminal karena terasa lebih ringan dan mudah dikostumisasi dibandingkan Alacritty. Kadang kala pakai Hyper Terminal yang berjalan diatas Electron.

Font yang dipakai di blog ini :

Sedangkan untuk code mempergunakan Roboto Mono dan font standar bawaan masing - masing OS, diantaranya Monaco, Consolas, Monospace

Mengenai tulisan

Semua tulisan dan catatan yang tertulis di situs ini merupakan pendapat pribadi dari saya & menjadi tanggung jawab dari saya (kecuali saya sebutkan tersendiri).

Usia situs/blog ini sendiri sudah memasuki 16 tahun, sudah banyak sekali artikel maupun catatan yang pernah saya tulis disini. Sayangnya karena satu dua tiga hal arsip - arsip tulisan maupun catatan tersebut lenyap.

Jika anda ada keperluan terkait artikel maupun catatan lama saya, maka halaman web archive ini adalah tempat yang tepat untuk mencari.

Apabila ada tulisan maupun catatan saya yang tidak berkenan bagi anda, silakan menghubungi saya di akun twitter @kuspoes dan atau email poes@egois.org. Namun jika anda merasa bahwa tulisan saya menarik dan ingin mendapatkan update terbaru setiap terbit, silakan berlangganan RSS atau melalui email.

Oh iya, layanan update via email ini dibantu (secara gratis) oleh ButtonDown.

Fotografi

Ketika psikolog perusahaan (medio 2014) menganjurkan saya untuk mencoba bepergian atau travelling untuk melihat luasnya dunia dan bertemu dengan hal - hal baru, maka pada saat itu saya memutuskan untuk menekuni hobi fotografi.

kusaeni saat melancong ke kawah putih di Kabupaten Bandung

Kusaeni saat melancong ke Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Foto ini diambil dengan mempergunakan kamera polaroid dan di reproduksi ke digital/JPEG. (Andri Kawah Putih untuk kusaeni.com)

Hobi ini sangat cocok berdampingan saat travelling, untuk mengabadikan momen dan pemandangan. Gawai yang saya pergunakan sebagai berikut :

Jika dilihat dari segi usia, hampir semua perangkat saya adalah tipe lama, photography is expensive. Mengikuti tren terkini sekarang sudah bukan sebuah pilihan. Apalagi ini cuma sekedar hobi. Saya tidak sedang berdalih, tetapi membayar 30 - 50 juta rupiah untuk sebuah kamera adalah sebuah pemborosan yang luar biasa. The Best Camera Is The One You Have With You kata Chase Jarvis, pergunakan kamera yang kamu miliki dan maksimalkan untuk menciptakan karya terbaik darimu.

Sebagian besar foto yang saya ambil mempergunakan format NEF/RAW bawaan Nikon dan di proses dengan mempergunakan aplikasi

Sedangkan PC/Laptop yang dipergunakan adalah Lenovo Thinkpad E470 dengan Windows 10 Pro, laptop sebelumnya adalah Lenovo Ideapad G460 dengan ArchLinux namun sudah tidak mampu jika dipergunakan melakukan editing file RAW.

Saya berharap bisa mengganti laptop dengan Macbook Pro M1 misalnya Saya sudah mendapatkan Macbook Air M2 namun kegiatan fotografi malah terhenti karena pandemi.

Sebagian besar hasil foto - foto saya unggah ke Instagram @kusaeni dan sebagian ke Flickr (hanya backup).

Buku dan bacaan

Dulu saya suka membaca apa saja, namun saat ini lebih suka membaca buku - buku cerita atau novel. Genrenya pun sebagian besar tentang kriminal/misteri/cerita detektif, meski kadang kala diselingi novel romatika agamis seperti Ayat - Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih dan sebagainya.

Saya menulis resensi buku pertama kali sekitar tahun 2009 (sayang arsipnya hilang). Memang agak jarang karena tidak semua buku pada saat itu ditulis resensinya. Namun saat mengalami hiatus, situs ini dulu memakai halaman depan hanya tentang daftar buku saja dengan sedikit resensi sebagai penyerta.

Kemudian saya tambahkan juga rating sebagai hasil penilaian saya terhadap isi dan kualitas buku tersebut. Penilaian ini subyektif berdasarkan asumsi saya dan bisa jadi tidak sesuai dengan pendapat orang lain.

Berlangganan Artikel

dapatkan notifikasi saat artikel baru diterbitkan, langsung ke dalam inboxmu

Layanan ini didukung oleh Buttondown.