May 16, 2021 updated

Migrasi dari Whatsapp

Cara memindahkan data percakapan dari Whatsapp ke Telegram, Signal, atau BIP

Sesuai dengan pemberitahuan dari Whatsapp mengenai penundaan penerapan privacy policy maka per 16 Mei 2021 rencanaya privacy policy tersebut telah diaktifkan.

Artikel terkait

Signal Buruk Whatsapp

Perubahan privacy policy Whatsapp, resiko, dan solusinya

Bagi yang tidak setuju dengan privacy policy terbaru ini maka konsekuensinya adalah pengguna tersebut tidak akan bisa lagi mengakses/mempergunakan layanan Whatsapp.

Meski begitu sampai saat ini tidak ada pemberitahuan resmi di laman blog Whatsapp. Namun untuk berjaga - jaga, berikut adalah cara untuk memindahkan/exports data percakapan ke penyedia layanan messaging lain seperti Telegram atau Signal.

Update

25 Mei 2021. Menurut situs XDA Developer, Whatsapp memperpanjang lagi waktu jeda pengaktifkan privaci policy terbaru untuk pengguna di negara tertentu seperti India sampai dengan 5 bulan setelah jeda terakhir (bulan Pebruari). Tidak diketahui apakah Indonesia termasuk dalam daftar negara pengguna Whatsapp yang ikut dijeda.

Dari The Verge diinfokan bahwa Whatsapp tidak akan membatasi fitur dan fungsi untuk pengguna yang tidak setuju dengan privacy policy namun akan terus menampilkan peringatan untuk menyetujui privacy policy.

Ekspor ke Signal

Sebelum memindahkan data, yang harus dilakukan pertama kali adalah mengekspor data percakapan yang dimaksud, caranya adalah :

Perhatian!! cara dibawah ini tidak otomatis memindahkan data secara terstruktur ke dalam Signal. Data yang akan dipindahkan hanya sekedar ekspor data dalam format ZIP yang bisa dibuka/dibaca dengan teks editor sederhana atau dari dalam aplikasi Signal.

  1. Buka aplikasi Whatsapp, kemudian pilih pada percakapan yang diinginkan untuk dipindahkan,
  2. (Android) tap pada menu yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi More dan tap pada Export Chat, langsung lompat ke cara nomer 04 jika tidak mempergunakan iPhone
  3. (iPhone) : tap pada nama User atau Group kemudian gulir ke bawah dan tap pada Export Chat,
  4. Jika ingin mengekspor lengkap dengan media (gambar, video, dokumen, dsb) pilih opsi Include Media, jika tidak maka gunakan pilihan Without Media,
  5. Kemudian pilih aplikasi Signal dan pilih kontak User yang dituju untuk tujuan eksport data tersebut.

Memindahkan data dalam Grup pada dasarnya sama dengan cara diatas,

  1. Buka aplikasi Signal, dan buat sebuah Grup baru,
  2. Tambahkan anggota ke dalam Grup (minimal 1 kontak), kemudian tap pada menu pilih Group Settings dan gulir kebawah untuk mengaktifkan Group Link,
  3. Aktifkan Share Link dan mulai membagikan tautan yang tersedia kepada anggota Grup sebelumnya,
  4. Gunakan cara ekspor data seperti cara sebelumnya.

Sampai saat ini Signal belum memiliki tools untuk mengimpor data dari Whatsapp maupun dari messenger yang lain, namun sudah ada aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu proses ini meski dengan pelbagai kekurangannya masing - masing.

Contohnya adalah ChatMove atau skrip Python ini.

Ekspor ke Telegram

Memindahkan data ke Telegram jauh lebih mudah daripada Signal, karena Telegram memiliki tools khusus untuk ini. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Ekspor data Whatsapp seperti cara diatas,
  2. Pilih tujuan Telegram, kemudian pilih tujuan User Accountnya,
  3. Telegram akan otomatis mengimpor data dan menampilkannya seperti percakapan biasa. Bravo!.

Untuk Grup pun sama caranya.

Ekspor ke BIP

BIP sebagai pendatang baru ternyata sudah menggarap fungsi impor data ini, targetnya memang jelas “memindahkan pengguna Whatsapp ke BIP”.

Proses ekspor data dari Whatsapp sama mudahnya dengan Telegram. Tinggal ekspor dan pilih aplikasi BIP dan tuju akun kontaknya. Data akan ditampilkan secara read only di dalam layar pesan BIP.

Kesimpulan

Privacy Policy Whatsapp terbaru memang menjadi penyakit yang menggerogoti privasi penggunanya dan berpindah ke layanan lain jelas menjadi pilihan utama.

Saya pribadi lebih memilih pindah ke Signal meski untuk urusan impor data masih keteteran dibandingkan kompetitor. Harapannya adalah dalam waktu dekat Signal bisa merilis tools untuk impor data dari Whatsapp.

Pilihan kedua yang lebih baik jatuh kepada BIP.

Berlangganan artikel

Suka dengan artikel seperti ini?, yuk berlangganan melalui RSS atau ketik emailmu di bawah ini untuk mendapatkan update artikel terbaru langsung ke inboxmu.

Kamu bisa berhenti berlangganan dengan mudah kapan saja.

Powered by Buttondown.