Draft artikel di Eleventy

Saya baru saja berpindah dari Hugo ke Eleventy, dan salah satu hal yang terasa hilang dari Hugo (dan Jekyll) adalah fitur draft artikel.

Sebenarnya karena Eleventy adalah salah satu Static Site Generator, penggunaan draft artikel tidak terlalu diperlukan. Karena saya bisa menulis di lokal dan mempreview artikel secara lokal pula sebelum diunggah via GIT

Namun karena kecerobohan1 sudah mengalir dalam DNA saya, maka fitur draft artikel ini sangat diperlukan. Terlalu banyak hal yang ingin ditulis namun sedikit waktu dan pikiran untuk mengerjakannya.

Draft di Eleventy

Secara defaultnya fitur draft tidak tersedia di Eleventy, meski jika dibuatt pluginnya bisa. Namun ternyata fitur draft tidak perlu sampai mempergunakan plugin.

Jadi menurut Wikström, fitur draft bisa dengan mempergunakan fitur dari .eleventyignore, dengan cara menambahkan baris regular expression ke dalam isian .eleventyignore untuk mengabaikan files apa saja oleh Eleventy saat build dilakukan.

jurnal/*.draft.html

Memasukkan teks di atas ke dalam .eleventyignore, kemudian buat artikel baru dengan format nama-artikel.draft.html. Eleventy akan mengabaikan artikel tersebut saat build, mudah dan sederhana.

Untuk memandaftarkan atau memposting artikel, cukup menghapus nama draft kemudian membuild ulang Eleventy.

Footnotes:

  1. 1Terburu - buru dan ceroboh saaat GIT PUSH, sehingga perlu revisi dan menyebabkan jatah 300 menit build time dari Netlify habis akibat revisi minor.