The Newcomer

Seorang wanita terbunuh di Nihonbashi, detektif datang menyelidikinya dan ditemukan banyak orang bisa menjadi tersangka
The Newcomer
Penulis
Keigo Higashino
Bahasa
Bahasa Indonesia
Format
Papperback - 304 halaman
ISBN
978-602-06-2190-6 ∷ tahun 2020 (cetakan kedua)
Rating
5 dari 5
Beli dimana?
Bukukita

Ini adalah buku pertama Keigo Higashino yang saya baca, saya terpengaruh setelah membaca biografinya di Wikipedia. Disitu disebutkan bahwa Higashino adalah penulis novel misteri dan menjabat sebagai Presiden ke-13 dari asosiasi penulis novel misteri di Jepang.

Dengan jabatan ini tentu dia bukan seorang penulis biasa dan inilah yang membuat saya tertarik untuk membeli bukunya.

Detektif Kaga dan pembunuhan di Nihonbashi

Kaga adalah detektif polisi yang baru dipindah tugaskan ke Kantor Polisi Nihonbashi, Tokyo dan dianggap sebagai anak baru dan cenderung diremehkan di lingkungannya. Namun sebenarnya dia adalah seorang detektif berpengalaman yang sudah sering memecahkan kasus kriminal sebelumnya.

Seorang wanita setengah baya ditemukan tewas dengan leher tercekik seutas tali di dalam kamar apatemennya. Korban ditemukan oleh sahabatnya yang sudah membuat janji untuk bertemu di apartemennya.

Korban adalah penghuni baru dan tidak memiliki kenalan dan keluarga di lingkungan Nihobashi.

Kaga dilibatkan dalam penyelidikan kasus ini dengan tugas sebagai pemandu untuk penyelidik senior dari kantor kepolisian pusat Tokyo. Penyelidikan mengalami jalan buntu, meski identitas korban sudah ditemukan dan keluarga dikabari, namun pelaku dan motifnya masih gelap.

Disela waktu tugasnya menjadi guide bagi detektif dari kantor pusat kepolisian, melakukan penyelidikan sendiri dengan metode yang unik.

Metode pendekatan kekeluargaan.

Dari penyelidikan Kaga inilah kemudian ditemukan fakta bahwa hampir semua orang yang tinggal dan bekerja dikawasan Nihonbashi memiliki motif sebagai pelaku.

Lalu siapakah pembunuh sebenarnya? dan apa motifnya?.


Catatan

Saya tidak memiliki ekspektasi apapun saat membeli buku ini. Bahkan ketika sudah datang, saya mengabaikan buku ini hampir selama 7 hari dan baru membacanya kemudian.

Ini adalah novel misteri pembunuhan yang ditulis dengan sangat ringan. Enak dibaca dan mudah dicerna. Ada 7 bab dalam buku ini yang berisi cerita - cerita setiap tersangka yang memiliki masalahnya sendiri - sendiri.

Dalam pelbagai kesempatan, Kaga malah berusaha membantu masalah para tersangka. Hal inilah yang disebut dengan penyelidikan kekeluargaan yang sebenarnya menjadi alasan utama kenapa Kaga sampai dimutasi ke Nihonbashi.

Novel ini memiliki plot twist yang sangat mengejutkan. Meskipun cluenya sangat jelas, namun tetap saja pengungkapan pelaku pembunuhan dan motifnya cukup bertolak belakang dengan apa yang pembaca fikirkan.

Novel misteri yang sangat bagus, saya memberikan nilai 5 dari 5 untuk novel ini.

Saya sudah membeli buku kedua dari Higashino berjudul Malice.

Malice

Keigo Higashino

Seorang novelis terkenal ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya,di dalam ruangan tertutup oleh istri dan sahabat baiknya.

Seperti serial Detektif Mitarai dari Soji Shimada, versi life actions dari Kaga juga sudah ada filmnya, salah satunya adalah The Wing of Kirin yang ditayangkan 2012 silam.

Umumnya kebanyakan adaptasi novel ke film, ada banyak kekurangan atau ketidaksesuaiannya. Salah satu yang menonjol adalah tentang sikap Kaga yang difilm digambarkan dingin dan serius, padahal di novel Kaga dikesankan sebagai polisi yang ramah dan disukai banyak orang.

Berlangganan Artikel

Dapatkan notifikasi saat artikel baru diterbitkan, langsung ke dalam inbox-mu

Saya tidak akan mengirimkan spam dan tidak akan menjual alamat email anda. Jika sudah tidak ingin berlangganan, anda bisa berhenti berlangganan dengan mudah kapan saja.

Masukkan alamat email anda untuk memulai berlangganan artikel.

Layanan ini didukung oleh Buttondown.