Malice : Catatan Pembunuhan sang Novelis

Seorang novelis terkenal ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya,di dalam ruangan tertutup oleh istri dan sahabat baiknya.
Malice : Catatan Pembunuhan sang Novelis
Penulis
Keigo Higashino
Bahasa
Bahasa Indonesia
Format
Papperback - 304 halaman
ISBN
978-602-06-2190-6 ∷ tahun 2020 (cetakan kedua)
Rating
5 dari 5
Beli dimana?
Bukukita

Ini adalah buku kedua dari Keigo Higashino yang saya beli setelah The Newcomer. Ditasbihkan sebagai salah satu buku bestselling dan menjadi buku rujukan untuk dibaca oleh para novelist di Jepang, membuat saya bereskpektasi tinggi untuk memiliki dan membacanya.

The Newcomer

Keigo Higashino

Seorang wanita terbunuh di Nihonbashi, detektif datang menyelidikinya dan ditemukan banyak orang bisa menjadi tersangka

Untungnya buku ini tersedia di Bukukita dan bisa dibeli tanpa harus menunggu pre-order (menunggu cetak). Saya sudah membaca buku ini sejak lama, namun baru berkesempatan menulis sekarang.


Osamu Nonoguchi adalah seorang pensiunan guru yang beralih profesi menjadi penulis buku cerita anak - anak. Menjadi penulis buku anak - anak bukanlah keinginan Osamu pada awalnya, melainkan menjadi novelis adalah ambisinya.

Masuk ke dalam dunia penulis di Jepang sangat sulit jika tanpa rekomendasi atau bantuan dari orang dalam. Osamu bersyukur telah dibantu oleh Kunihiko Hidaka, satu dari sedikit teman masa kecil Osamu.

Hidaka adalah seoarang novelis terkenal di Jepang pada saat itu.

Hidaka dan istrinya berencana untuk pindah ke Kanada untuk mencari ketenangan dalam menulis novel dan kemungkinan akan menetap disana selamanya. Sore hari sebelum keberangkatan ke Kanada, Osamu datang berkunjung dan diterima oleh istri Hidaka karena sang suami sedang menerima tamu lain.

Malamnya, Osamu mendapatkan telepon dari Hidaka agar balik ke rumah Hidaka. Di depan rumah yang gelap gulita, Osamu bertemu dengan istri Hidaka yang baru saja datang dengan naik taksi dari hotel tempat menginap sementara keluarga Hidaka. Bersama mereka masuk ke dalam rumah dan menemukan Hidaka telah tewas terbunuh di dalam ruang kerjanya yang terkunci dari dalam.

Istri Hidaka kemudian memanggil pihak kepolisian yang menugaskan Detektif Kaga untuk menyelidiki kasus kematian Kunihiko Hidaka.


Novel ini ditulis dalam sudut pandang 2 orang yaitu Osamu Nonoguchi dan Detektif Kaga.

Osamu menceritakan detil semua kejadian yang dia alami dalam narasi yang kuat dan runut. Sedangkan bagian Kaga (sang protagonis) menceritakan tentang penyelidikan yang sudah dia lakukan dan beberapa flashback masa lalu. Seperti biasa Kaga memiliki metode penyelidikan rasa kekeluargaan untuk menyelesaikan sebuah kasus. Meski terkesan sangat pengertian dan simpati yang mendalam, Kaga memiliki metode tertentu untuk melihat fakta dari balik kebohongan - kebohongan.

Alih - alih berupa novel kriminal, buku ini lebih menampilkan konflik permainan psikologi yang kuat.

Ada banyak flashback dalam buku ini yang menuntut pembaca untuk konsentrasi dan fokus dalam menangkap fakta - fakta.

Ada beberapa clue dan fakta yang terungkap sepanjang babak, yaitu :

  1. Penemu mayat korban adalah Osamu Nonoguchi dan Istri Hidaka yang entah bagaimana tiba - tiba datang bersamaan ke crime scene,
  2. Ruangan kerja tempat mayat Hidaka ditemukan terkunci dari dalam dan orang yang memiliki kuncinya adalah Hidaka dan istrinya,
  3. Osamu mengaku bahwa dia memiliki rasa suka terhadap istri Hidaka,
  4. Detektif Kaga adalah teman kerja dari Osamu Nonoguchi saat masih sama - sama mengajar di sebuah sekolah SMP,
  5. Osamu juga mengaku kalo selama ini dia menjadi penulis bayangan dari Hidaka, termasuk beberapa buku bestselling Hidaka sebenarnya adalah karya Osamu,
  6. Osamu mengaku terpaksa menjadi ghost writter bagi Hidaka karena terperangkap akibat gagalnya rencana Osamu dan Istri Hidaka untuk membunuh Hidaka di masa lampau,
  7. Istri Hidaka membantah bahwa Hidaka memanfaatkan Osamu sebagai ghost writter,
  8. Osamu menuntut janji Hidaka yang menyatakan akan mempromosikan Osamu menjadi novelis, bukan sekedar pengarang buku cerita anak - anak,
  9. Tamu yang ditemui Hidaka sore itu adalah keluarga dari mendiang orang yang menjadi tokoh (antagonis/penjahat) sentral dalam novel kontroversi sekaligus bestselling Hidaka (novel yang diakui Osamu sebagai penulis aslinya), pihak perwakilan keluarga menuntut Hidaka menarik peredaran novel dan meminta maaf ke keluarga mereka,
  10. Di kemudian hari, pihak keluarga sang tokoh meminta dan meneror Istri Hidaka untuk membayar banyak uang sebagai ganti rugi nama baik akibat publikasi Novel tersebut.

Jadi sekarang pertanyaannya adalah siapakah pembunuh dari Hidaka?


Penutup

Novel ini memenangkan banyak penghargaan dari dalam negeri Jepang maupun dari luar negeri sekaligus menjadi salah satu novel bestseller dari Keigo.

Pendapat saya pribadi, novel ini tidak lebih bagus daripada The Newcomer. Namun ada kelebihan dari novel ini terutama bagaimana Keigo membuat tokoh Osamu Nonoguchi yang dijadikan narator sepanjang babak yang memukau dan plot twist yang lebih memukau daripada The Newcomer.


Berlangganan Artikel

Dapatkan notifikasi saat artikel baru diterbitkan, langsung ke dalam inbox-mu

Saya tidak akan mengirimkan spam dan tidak akan menjual alamat email anda. Jika sudah tidak ingin berlangganan, anda bisa berhenti berlangganan dengan mudah kapan saja.

Masukkan alamat email anda untuk memulai berlangganan artikel.

Layanan ini didukung oleh Buttondown.