Kuspoes

Sebuah weblog tentang (Arch)linux, Jekyll, Textpattern & lainnya.

Ikuti via Twitter, Google+, jelejahi arsip atau RSS.

hotel quickly code KKUSA2

Virtual Box full screen dan seamless windows

Virtual Box adalah sebuah aplikasi yg dapat menjalankan sebuah atau lebih sistem operasi di atas sebuah environment yg sering disebut Virtual Machine.

VirtualBox dengan Full Screen Window

Normalnya, Virtual Box hanya akan berjalan dengan 2 buah jendela kecil. Satu adalah Oracle VirtualBox Manager, dan satunya adalah jendela berisi OS yang sedang dijalankan.

Settingnya lebar jendela akan menyesuaikan dengan resolusi layar yang dipergunakan. Semakin besar resolusi yang dipakai maka jendela akan menyesuaikan. Sudah dicoba berulang kali, tapi dengan pengaturan resolusi paling besarpun. Jendela Virtual Box tetap tidak bisa menjadi full screen.

Ternyata, untuk mengatur agar ukuran jendela bisa menjadi full screen itu tidak hanya terbatas pada ukuran resolusi. Namun Virtual Box menyediakan opsi lain yang lebih baik yaitu dengan memasang OS tersebut sebagai guest dalam sistem. Sehingga OS tersebut bisa berintegrasi dengan baik yang pada akhirya membuat OS guest menjadi berjalan lebih gegas.

Sebagai contoh, saya punya komputer yg sudah terpasang Archlinux dan Virtual Box dengan OS Windows XP Profesional. Agar Windows XP bisa menjadi guest maka perlu memasang virtual-box-utils

 $ sudo pacman -Syu
 $ sudo pacman -S virtual-box-utils

yg akan secara otomatis akan memasang kebutuhan yg lain yaitu virtual-box-utils, virtualbox-guest-modules, dan virtualbox-guest-iso.

Setelah selesai pemasangan, biasanya VirtualBox selalu mengsyaratkan reboot. Kemudian dicoba dengan meload modul - modulnya terlebih dahulu

 $ sudo modprobe -a vboxguest vboxsf vboxvideo

Selesai. Langkah selanjutnya adalah menjalankan Windows XP dengan VirtualBox.

Setelah Windows XP berjalan, yg perlu dilakukan adalah memasang modul Guest Addition di Windows XP. Caranya dengan klik menu Devices dan pilih Insert Guest Addition Disc Image yg secara otomatis akan memasang berkas - berkas dan drivers Windows XP.

Selesai memasang, Windows XP akan mereboot sendiri dan akan muncul dengan jendela sepenuh layar.

Seamless Integration

Adalah fitur VirtualBox Guest Addition yg memberikan manfaat yaitu jendela - jendela aplikasi yang berjalan diatas lingkungan Virtual Machine VirtualBox bisa berdampingan dengan jendela - jendela aplikasi dari native sistem operasi yang dipakai. Sehingga dengan ini bisa dilakukan perintah copy - paste antar aplikasi, sinkronisasi waktu, pemakaian jaringan internet bersamaan, bahkan berbagi berkas secara langsung.

Untuk menjalankan Seamless mode sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol CTRL KANAN + L akan membuat Guest OS menjadi transparan dan mempergunakan wallpaper sistem operasi asli.