Kuspoes

Sebuah weblog tentang (Arch)linux, Jekyll, Textpattern & lainnya.

Ikuti via Twitter, Google+, jelejahi arsip atau RSS.

hotel quickly code KKUSA2

Jekyll Short URL

CATATAN PENTING: Setelah Jekyll versi 3.0, trik ini masih bisa berjalan dengan baik diatas WEBRick dan Github Pages, tapi tidak bisa diatas server Apache (tanpa pemetaan extension files). Pelajari lebih lanjut di dokumentasi tentang PERMALINK.


###Permalinks

Jekyll mendukung cara yang fleksibel untuk menampilkan URL dari situs. Jenis Permalinks yang bisa ditampilkan oleh Jekyll diatur di dalam file konfigurasi dalam format YAML Front Matter yang bisa disisipkan pada tiap artikel atau dengan mengaturnya lewat berkas _config.yml.

 permalink: pretty

Standarnya, dengan memakai kode permalink: pretty sudah cukup untuk bisa menampilkan permanent link dengan baik. Dengan kode tadi maka Jekyll akan membangun URL dengan format URL/tahun/bulan/hari/judul-artikel.

Namun menurut beberapa sumber, model permalinks seperti diatas akan bermasalah dengan SEO dan tidak mudah diingat. Alamat yang (mungkin) lebih baik adalah dengan urutan seperti ini : URL/judul-artikel atau boleh juga disebut dengan short URL.

###Short URL

Pertama dicoba dengan merubah argumen di _config.yml sebagai berikut

 permalink: none

Dari perubahan diatas akan menghasilkan format URL URL/judul-artikel.html. Disini short URL yang diinginkan sudah sesuai, namun akan muncul tambahan akhiran .html diakhir judul. Cukup, tapi tidak cukup.

Cara kedua adalah dengan memaksakan untuk menetapkan short URL lewat penulisan permalink key di YAML metadata pada artikel yang dibuat.

  ---
 layout: post
 title: Judul Artikel
 permalink: judul-artikel
 ---

Akan menghasilkan format URL URL/judul-artikel. Bagus, namun kelemahannya adalah harus menyisipkan permalink tersebut secara manual pada setiap post .

Bacaan sebagai referensi

  1. Jekyll Permalinks - Jekyll Documentation
  2. How to Set Short URLs in Jekyll - Joshua Lande
  3. Jekyll Pages with Pretty URLs - Dave Hulihan