Kusaeni Gooners & Random

Aktifkan Super User di LineageOS

Setelah meng install lineageOS, tersadar bahwa akses root secara default dimatikan.

Untuk mengaktifkan kembali, pengguna harus masuk kedalam Developer Mode. Namun, sekarang fungsi/akses root dibatasi hanya di ADB. Tidak selengkap ketika masih di CyanogenMod yang menyediakan akses root di ADB dan app.

Untuk mengaktifkan semua fitur akses root, pengguna harus meng flash zip lewat recovery seperti cara meng flash GAPPS. Caranya sebagai berikut :

  1. Periksa infrastruktur CPU hape. Caranya bisa dengan mencari di Google atau mempergunakan aplikasi penyedia informasi hardware seperti CPUZ yang bisa diunduh di PlayStore. Pastikan infrastrukturnya apakah ARM untuk 32bit ,ARM64 untuk 64bit atau X86 untuk CPU yang dibuat oleh Intel maupun AMD.
  2. Unduh paket zip sesuai dengan infrastruktur CPU di lineageOS Extra.
  3. Masuk ke mode recovery. Bisa lewat ADB atau sistem lineageOS reboot to recovery
  4. Install paket zip terunduh seperti cara meng install GAPPS.
  5. Reboot ke System.
  6. Seharusnya menu pilihan root sudah tersedia lengkap di Developer Mode.

Apakah harus mengaktifkan akses root atau super user?

Tidak. Mengaktifkan super user justru tidak disarankan dan bisa berbahaya bagi pengguna yang tidak tahu bagaimana cara memakainya. Akses super user bisa merusak sistem dan membuat hape mati/rusak secara software.

Namun, dengan super user pengguna bisa memiliki akses administrator (di Windows) atau root di Linux/Unix. Sehingga bisa melakukan banyak modifikasi sendiri atas hape yang dimiliki. Browsing file system, extract APK, modifikasi tema, sampai gonta ganti ROM bisa dilakukan dengan mudah. You can do almost anything.