Kusaeni Gooners & Random

Install Lineage OS

RIP CyanogenMod

Seperti kabar yang sudah beredar sejak akhir tahun lalu, bahwa Cyngn. Inc sudah menghentikan segala aktifitas pengembangan ROM Cyanogen. Hal ini juga mempengaruhi pengembangan ROM CyanogenMod yang pendanaan dan infrastrukturnya disumbang oleh Cyngn Inc.

Padahal, CyanogenMod adalah salah satu ROM (tua, 8 tahun) yang paling banyak dipakai oleh pengguna Android. Sekitar 5 juta pengguna Android memakai ROM ini.

Lineage OS

Sebagai respon atas dihentikannya pengembangan ROM Cyanogen, beberapa pengembang CyanogenMod berinisiatif untuk meneruskan proyek pengambangan diluar kontrol Cyngn. Dimana sebelumnya pihak Cyngn Inc. sudah membebaskan penggunaan source code ROM Cyanogen untuk dipakai dan dikembangkan oleh pribadi atau komunitas.

Akhirnya terbentuklah LineageOS.

Pengembang LineageOS sudah mengimport semua source code dari Cyanogen dan mulai melakukan transisi ke Lineage OS. Versi nightly dari LineageOS sendiri belum tersedia, pengguna yang ingin mempergunakan Lineage disarankan untuk build sendiri.

Namun jika tidak ingin build sendiri, di internet sudah ada ROM versi gunzip yang bisa diunduh dan dipasang.

Install Lineage OS

Cara menginstall ROM Lineage OS sama caranya dengan menginstall ROM CyanogenMod. Dengan urutan sebagai berikut.

  1. Pastikan bahwa gadget sudah dalam kondisi Root dan terpasang TWRP. Serta sudah paham dengan Developer Mode,ADB, recovery dan fastboot.
  2. Download ROM Lineage di daftar hape yang didukung LineageOS. Pilih hape yang sesuai, tautan akan membawa ke forum di XDA.
  3. Download installer GAPPS (optional jika ingin memasang aplikasi dari Google seperti Play Store) di OpenGAPPS. Saran, sebaiknya ambil Pico.
  4. Koneksikan hape dengan komputer (gunakan kabel asli bawaan hape), setelah tersambung masuk ke mode ADB
    $ adb devices
    List of devices attached
    10928347490QW1 devices
    $ adb push lineage-14.1-20170106-UNOFFICIAL-gemini.zip /storage
    $ adb push open_gapps-arm64-7.1-pico-20170107.zip
    

    Contoh diatas mempergunakan build UNOFFICIAL untuk Mi5. Versi UNOFFICIAL Mi5 bisa diunduh di repo Shade nightly build (via).

  5. Masuk ke mode recovery TWRP.
    $ adb reboot recovery
    
  6. Di recovery bersihkan (wipe) cache dan system. Bersihkan data hanya jika ingin menginstall seperti baru bawaan pabrik (hapus semua data).
  7. Pilih menu Install kemudian di file manager pilih ROM yang tadi di salin ke hape. Swipe to right untuk mulai memasang. Tunggu beberapa saat.
  8. Selesai, pilih menu Install kembali. Ulangi untuk memasang OpenGAPPS. Jika setelah install ROM selesai, hape langsung reboot , maka harus masuk ke mode Recovery lagi untuk memasang OpenGAPPS.
  9. Setelah selesai memasang OpenGAPPS, reboot hape dan tunggu beberapa saat untuk hape agar LineageOS mengkonfigurasi sistem.

Secara tampilan, mode, sistem dan lain - lain. LineageOS masih sangat mirip dengan CyanogenMod. Tentu saja karena ini hanyalah fork. Namun sisi positifnya adalah pengembangan ROM CyanogenMod tidak mati, walau harus mengganti nama ke LineageOS karena masalah hak cipta.