Kusaeni Gooners & Random

NCMPCPP Visualizer

Halaman Wiki Archlinux tentang ncmpcpp sudah cukup untuk membantu mengsetup MPD + ncmpcpp dengan baik. Namun ada hal yang kurang mengenai bagaimana cara menampilkan visualizer di ncmpcpp dengan baik.

Setelah memasang mpd dan ncmpcpp, mengatur file config di ~/.ncmpcpp/config. Biasanya ncmpcpp sudah bisa berjalan dengan baik. Namun kadang tidak di bagian penampil visual note suara.

ERROR yang sering muncul adalah can not open mpd.fifo for reading PCM data.

Sesuai dengan arahan di Wiki, bahwa untuk menampilkan visualizer harus menambahkan baris sebagai berikut di /etc/mpd.conf

audio_output {
    type                    "fifo"
    name                    "my_fifo"
    path                    "/tmp/mpd.fifo"
    format                  "44100:16:2"
}

dan di ~/.ncmpcpp/config

visualizer_fifo_path = "/tmp/mpd.fifo"
visualizer_output_name = "my_fifo"
visualizer_sync_interval = "30" 
visualizer_in_stereo = "yes"
visualizer_type = "spectrum" (spectrum/wave)

Namun seringkali ada error muncul yang mengatakan bahwa file mpd.fifo tidak ditemukan. Mengapa? . Karena file tersebut memang belum ada dan harus dibuat secara manual.

Masalahnya, file fifo ini ternyata bukan jenis file biasa yang bisa dibuat dengan perintah touch misalnya. Untuk membuat file fifo ini harus dibuat dengan perintah khusus mkfifo.

A FIFO special file is similar to a pipe, except that it is created in a different way. Instead of being an anonymous communications channel, a FIFO special file is entered into the file system by calling mkfifo().

Sehingga harus dibuat dengan perintah $ mkfifo mpd.fifo. Restart ncmpcpp, mainkan sebuah musik, dan tekan 8 untuk masuk ke tampilan visualizer. Tekan tombol space untuk berubah ke jenis model tampilan visualizer Nikmati.