Kusaeni Gooners & Random

Elforkane

Elforkane adalah aplikasi Al Qur’an. Semacam Zekr dan Ayat yang sudah tersedia sebelumnya.

Elforkane dibangun diatas Qt dan bisa berjalan native diatas Linux dengan baik. Kelebihan Elforkane dibanding kedua aplikasi sebelumnya adalah dalam hal tampilan UI yang lebih baik. Ok mungkin Ayat masih lebih indah daripada Elforkane, namun Ayat hanya bisa berjalan diatas Adobe AIR yang pengembangannya sudah dihentikan.

Selain di Linux, Elforkane juga tersedia di pelbagai OS seperti Microsoft Windows, bahkan sampai ke Haiku.

Di Archlinux, aplikasi yang dibuat oleh Abu Zakaria (semoga Alloh SWT melimpahkan rahmat kepadanya) ini bisa ditemukan di AUR.

 $ cower -d elforkane
$ cd elforkane
$ makepkg -si

elforkane

Selain sebagai Quran Browser, Elforkane juga menyediakan reciter audio dan tafsir. Ada sekitar 23 bahasa yang didukung, dan Bahasa Indonesia termasuk didalamnya.

Untuk bisa mendengarkan suara reciter dibutuhkan koneksi internet, karena Elforkane akan mengunduh audio dari situs quran.ksu.edu/sa. Untuk yang tidak memiliki koneksi internet setiap saat, bisa juga mengunduh berkas audio dalam bentuk .zip atau .ayt. Setelah terunduh berkas bisa diurai dan diletakkan di folder~/.elforkane/audio/nama_reciter (jika folder tidak ada, silakan dibuat sendiri).

Kumpulan berkas audio, para reciter, gambar, tafsir, terjemahan dan lain - lain bisa diunduh di quran.ksu.edu.sa.

Ada fitur yang menarik di Elforkane, yaitu memorizing. Fitur ini sangat membantu untuk yang ingin menghafal Al Quran. Jika diaktifkan, teks Al Quran akan disembunyikan sementara untuk menghafal. Dan bisa ditampilkan kembali untuk memeriksa hafalan. Luar Biasa.

Alhamdulillah terima kasih kepada Abu Zakariya (semoga Alloh SWT melimpahkan rahmat kepadanya).