Kusaeni Gooners & Random

Modifikasi SublimeText

SublimeText sudah menjadi text editor favorit berdampingan dengan Vim jika menggunakan konsol.

Seperti Vim, saya juga perlu untuk meng-tweak Sublimetext agar sesuai dengan keinginan. Terlebih di sisi tampilan. Berikut beberapa tweak yang sudah dilakukan untuk membuat SublimeText menjadi seperti dibawah ini.

SublimeText

###1. Package Control

Rasa - rasanya Package Control adalah semacam addons wajib yang harus dipasang. Package Control ini memiliki banyak fitur yang bisa memperkaya fungsi dari SublimeText.

Cara memasangnya mudah, kunjungi laman Package Control. Kemudian pilih versi SublimeText (2/3) lalu copy paste kode Python kedalam SublimeText Console yang bisa diakses lewat menu View > Show Console atau lewat shortcut CTRL + `.

###2. Tema dan skema warna

Ada banyak tema tersedia untuk SublimeText dan yang paling menarik adalah tema minimalis/flat. Pilihan jatuh kepada spacegray.

Untuk menginstall tema - skema warna ini jalan paling mudah adalah dengan mempergunakan Package Control. Caranya adalah dengan menu Preferences > Package Control , dari menu pop out yang muncul ketik Package Install . Maka SublimeText akan mengambil data dari repositorynya, kemudian ketik SpaceGray dan pilih sebagai tema. Setelah terpasang, restart SublimeText.

Untuk mengaktifkan UI dan skema warna bisa dengan memodifikasi user preferences. Tentang apa saja yg harus dilakukan untuk mengaktifkan tema ini termasuk didalamnya modifikasi bisa merujuk halaman manual spacegray.

Bacaan sebagai referensi

  1. Manual Install SpaceGray

###3. Visual & Tipography

Karena mempergunakan dark theme seringnya saya merasa bahwa letak baris teks di SublimeText terlalu rapat sehingga sulit dibaca. Selain itu perlu juga ada perubahan tampilan visual yang bisa diatur melalui baris - baris kode di Preferences > Setting User.

  • Merubah Caret Style (kursor)

Normalnya pengaturan kursor adalah blink, namun saya lebih suka mengaturnya menjadi fade agar ada efek muncul hilang terasa lebih lembut.

 {
 "caret_style": "phase"
 }
  • Highlight Current Line

Dengan mengaktifkan fungsi ini, maka Sublimetext akan memberi tanda warna pada posisi baris kursor yang sedang aktif. Sangat membantu sekali saat mengetikkan kode - kode yang panjang, sehingga bisa tahu apakah baris yang sedang aktif masuk kedalam wrap kode atau tidak.

 {
 "highlight_line": true
 }
  • Mengatur tinggi baris (line height)

Baris teks SublimeText terlalu rapat? dengan kode ini jarak baris bisa diatur dengan mudah.

 {
 "line_padding_bottom": 1,
 "line_padding_top": 1
 }
  • Menentukan Font

Normalnya SublimeText akan mempergunakan mono font yang menjadi standar di sistem. Namun jika kurang berkenan, bisa dirubah sendiri.

 {
 "font_face": "Fira Code",
 }

Saya sengaja tidak menentukan besar ukuran font agar bisa diatur secara manual lewat shortcut CTRL + = dan CTRL + - .

Ada banyak mono font yang tersedia bebas dan gratis, salah satu yang bagus adalah Fira Code. Namun juga ada Source Code Pro, Inconsolata, Roboto Mono yang bagus.