Kusaeni Gooners & Random

AUR 4

Persiapan migrasi ke AUR4

Arch Linux Repository atau yang sering disingkat dengan AUR, per tanggal 8 Juni kemarin mulai dimigrasikan ke AUR versi 4.

AUR4 ini adalah sistem AUR yang sudah mempergunakan GIT based platform dimana nantinya semua paket AUR akan memiliki kelebihan GIT seperti kemungkinan untuk rollback, melihat perubahan, mengomentari perubahan, dan memberikan saran perubahan. Persis seperti di github.

Khusus untuk mainteners paket di AUR, jika masih ingin melanjutkan paket yang sudah dipelihara sebelumnya bisa melakukan permohonan dengan mengajukannya lewat situs AUR4 paling lambat tanggal 8 Juli 2015.

Jika sampai dengan tanggal 8 Juli, paket AUR belum didaftarkan. Maka orang lain bisa mendaftarkan paket tersebut dan dianggap sebagai mainteners yang baru.

Berkaitan dengan perubahan sistem diatas, mainteners diharapkan mengerti dasar - dasar dari GIT dan SSH, lebih lengkap bisa merujuk ke Wiki Archlinux AUR4, disitu juga ada beberapa tools untuk mempermudah migrasi.

DayTask

DayTask adalah aplikasi klien untuk todo.txt yang dibuat oleh the Jambi. Installer aplikasi ini hanya berjalan di Ubuntu.

Untuk Archlinux, saya sudah membuat PKGBUILD agar bisa diinstall. Bisa didapat dengan

 $ git clone https://github.com/kuspoes/daytasks-aur
$ cd daytasks-aur
$ makepkg
$ sudo pacman -U daytask
$ daytask

PKGBUILD ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki, namun sudah bisa dipergunakan dengan baik. Jika ada waktu luang silakan mengfork repository ini.

DayTask belum diunggah di AUR (AUR2/3 maupun 4). Dan insya Alloh akan diunggah di AUR4 selepas tanggal 8 Juli nanti.

Bacaan sebagai referensi

  1. AUR 4 - Archlinux Wiki
  2. AUR BugTracker - AUR BugTracker
  3. Dasar - dasar GIT - Git SCM